Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Supaya Normal Kembali

Keyboard laptop merupakan komponen yang rawan mengalami kerusakan. Terkadang, sebagian tombolnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika ini terjadi, Anda bisa melakukan penanganan sendiri dengan menengok cara memperbaiki keyboard laptop di sini.

Cara ini hanya berlaku bagi keyboard yang tidak mengalami kerusakan parah. Misalnya, ada beberapa komponen kelistrikan yang terlepas atau putus.

Jika kerusakannya sangat parah, solusi terbaiknya ialah dengan menggantinya. Itu lebih masuk akal ketimbang mengutak-atiknya tanpa mendapatkan hasil.

Berbeda jika kerusakannya ringan, ada kemungkinan keyboard ini bisa diperbaiki sendiri. Tentunya tanpa harus membawanya ke tempat service. Di sini, Kami akan menunjukkan beberapa cara yang informasi lengkapnya bisa dilihat di NeoTekno.

Nonaktifkan Num Lock

Keyboard memiliki sejumlah tombol yang memiliki fungsi berbeda. Salah satunya ialah Num Lock.

Fungsi ini dapat mengunci dari penggunaan huruf abjad dalam laptop. Dan hanya tombol numerik yang akan bekerja sempurna.

Fungsi ini bisa aktif tanpa disadari oleh pengguna. Terlebih ketika pengguna secara tidak sadar menekan tombol kombinasi yang dapat mengaktifkan fungsi Num Lock.

Biasanya, ada tanda di mana fungsi ini aktif. Contohnya terdapat indikator lampu yang menjelaskan aktifnya fitur tersebut.

Jika ini permasalahannya, solusinya jauh lebih mudah. Anda tinggal menonaktifkan fungsi tersebut. Caranya ialah dengan menekan tombol Fn+Num Lock secara bersamaan.

Restart Laptop

Jika metode pertama tidak berhasil, Anda bisa menggunakan metode ini. Yakni dengan merestart laptop.

Biasanya, restart laptop sudah cukup untuk mengembalikan berbagai fungsi sistem. Tidak terkecuali dengan fungsi keyboard yang awalnya error.

Apabila tetap bermasalah, ulangi untuk mematikan laptop. Lepaskan baterai dan adaptornya. Kemudian, biarkan selama 1 menit.

Sembari itu, tekan tombol power dan tahan sekitar 60 detik. Barulah, kembalikan baterai dan coba nyalakan.

Sebagian kasus bisa ditangani dengan cara ini. Anda hanya perlu memastikannya dengan mencoba keyboard. Apabila tidak berhasil, coba metode yang lain.

Restore ke Setelan Pabrik

Ada kalanya keyboard bermasalah lantaran pengguna baru saja menginstall aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi ini ternyata mengandung virus atau malware. Aplikasi inilah yang membuat fungsi keyboard tidak bekerja.

Di sini, Anda seharusnya mengingat apa saja aplikasi yang baru saja dipasang. Jika memang ada, maka cara memperbaiki keyboard laptop ialah dengan memanfaatkan restore system.

Yang perlu diperhatikan, back up terlebih dahulu data yang Anda miliki. Bahkan, simpan pula driver utama selain aplikasi pihak ketiga yang menimbulkan masalah. Karena, restore system ini akan menghapus seluruh aplikasi/software yang terpasang.

Langkahnya diawali dengan menekan start dan masuk ke control panel. Jika sudah, pilih back up your computer pada menu system and security.

Kemudian di bagian dalam, silahkan pilih recover system settings or your computer. Buka open system restore dan ikuti wizard sesuai panduan. Maka, laptop akan melakukan restore sesuai keinginan dan restart secara otomatis.

Unduh Driver yang Sesuai

Sebelum restore system, ada baiknya Anda memeriksa Kesehatan driver keyboard. Periksa apakah driver ini dalam keadaan baik atau tidak.

Jika drivernya bermasalah lantaran virus atau semacamnya, ada baiknya Anda memperbaikinya terlebih dahulu. Tanda driver bermasalah bisa dilihat dari munculnya tanda seru berwarna kuning pada driver. Ini bisa diperiksa melalui jendela Device Manager.

Solusinya, unduh lagi driver yang sesuai dengan jenis laptopnya. Anda bisa mencarinya di website resmi milik produsen laptop tersebut. Unduh dan pasang untuk mengganti kerusakan pada driver.

Sebenarnya, cara memperbaiki keyboard laptop di atas sudah cukup untuk mengembalikan fungsi dari keyboard. Jika memang tidak bekerja, kemungkinan keyboard fisiknya memang sudah rusak. Solusi terakhirnya ialah membawanya ke tukang service dan menggantinya dengan keyboard baru.